Review Film : Shawshank Redemption

Monday, September 10, 2018

have you watched Shawshank Redemption?


Sebelum kita bahas soal review filmnya, gue mau nanya nih kira-kira ada yang bisa nebak ngga gue siapa? Wkwkwk

Well, kuy lah! Film ini sangat direkomendasikan buat semua penikmat film. Why? Salah satu tolak ukurnya adalah rating film IMDB. Kalau kalian penikmat film pasti sudah ga asing lagi dengan yang namanya IMDB, yaitu situs internet yang menjadi rujukan penilaian semua film box office. Nah film ini adalah film dengan rating tertinggi sepanjang masa di IMDB dengan nilai 9.3 / 10. Padahal film ini di rilis sekitar tahun 1994, artinya sudah 24 tahun film ini menjadi raja sebagai film yang direkomendasikan sepanjang masa. Genre film ini sendiri adalah drama / mystery.

Shawshank Redemption dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman, dimana film ini sukses mengantarkan morgan freeman memenangkan berbagai penghargaan individu dan menancapkan kukunya di kancah perfilman holywood. Kalian pasti sudah ga asing dengan film lain di era tahun 2000an yang dibintangi oleh morgan freeman seperti the dark knight trilogy dan now you see me. Harus diakui memang tim robbins adalah pemeran utama, tapi morgan freeman yang berperan sebagai red dalam film ini adalah kunci sukses dari narasi keseluruhan film.

Shawshank Redemption berlatar pada tahun 1947, Andy Dufrasne (Tim Robbins), adalah seorang banker handal dengan karir yang sangat cemerlang. Tiba-tiba hidupnya berubah 180 derajat ketika Andy dituduh membunuh istri yang dia pergoki sedang selingkuh dengan pria lain. Kemudian Andy dikirim ke sebuah penjara paling menakutkan yaitu Shawshank Prison. Di tempat inilah Andy dan segala drama dari film ini terjadi.Pertemuannya dengan Red, seorang narapidana yang berulang kali gagal lolos untuk remisi tahanan.

Film ini mengisahkan tentang penjara yang telah menjadi tempat praktik jual beli narkoba, lading korupsi yang dilakukan oleh kepala sipir dan perjuangan Andy membangun penjara hingga membuat perpustakaan untuk meningkatkan level pendidikan semua tahanan. Andy menjadi sosok yang sangat disegani oleh semua orang di shawshank, termasuk oleh kepala sipir yang tidak ingin membiarkannya bebas. Seluruh intrik yang terjadi hingga ending cerita ini akan membuat emosi dari penontonnya campur aduk dan menebak-nebak bagaimanakah akhir dari kisahnya.

Salah satu hal yang bikin gue suka sama film ini, karena banyak banget Quote keren yang menjadi legend, diantaranya:


Warden Samuel Norton:
I believe in two things: discipline and the Bible. Here you'll receive both. Put your trust in the Lord; your ass belongs to me. Welcome to Shawshank.

Andy Dufresne:
Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.
 
Ellis Boy "Red" Redding:
I have to remind myself that some birds aren’t meant to be caged. Their feathers are just too bright. And when they fly away, the part of you that knows it was a sin to lock them up does rejoice. But still, the place you live in is that much more grey.

Andy menunjukkan kepada kita semua meskipun berada di kubangan lumpur, sebuah berlian akan tetap bersinar. Bagaimana seorang andy membawa berbagai perubahan positif di penjara ini hingga harapannya untuk bebas dihancurkan hingga ia dimasukkan ke sel isolasi dalam waktu yang sangat lama (bahkan menjadi rekor seseorang dalam sel isolasi dalam film ini). Penonton akan dibuat kagum saat andy melakukan revans terhadap sipir penjara dengan cara yang bahkan tidak pernah terpikirkan oleh Red,sahabatnya sendiri.

So buat kalian yang belum nonton Shawshank Redemption,jangan lupa tambahkan film ini ke daftar film yang harus kalian tonton ya! Selamat menonton guys!
Btw makasih yaa istriku… Mas udah dibolehin posting disini. Next Mas nebeng lagi yaaa hehehe




Salam,
Dony Ariestha

You Might Also Like

0 komentar