Review Film : Aquaman

Wednesday, January 02, 2019

have you watched Aquaman?


Setelah menonton film Aquaman saya harus mengucapkan terima kasih pada dua orang sosok penting dalam film ini, pertama adalah James Wan selaku sutradara film dan juga Jason Momoa si Aquaman. Ya terima kasih, karena sekarang Aquaman tidak akan menjadi bahan olok-olokan lagi. Terima kasih telah “membantu” memperbaiki rating film DCEU. Sebagai penggemar DC, sudah cukup lama saya juga kasihan dengan superhero satu ini. Olok-olokan lebih melekat ketimbang kegagahan yang dimilikinya. Kemampuannya berbicara dengan mahkluk laut mejadi senjata netizen untuk membully aquaman. Saya pikir setidaknya setelah ini bully an tersebut akan jauh berkurang mengingat keberhasilan Wan dan Momoa mengemas film ini.


Well, saya rasa ketiga meme tersebut cukup untuk menggambarkan bagaimana Aquaman selama ini telah menjadi bulan – bulanan di dunia maya. Adanya film ini akan membangkitkan gengsi dari Aquaman. Film Aquaman mendapat respon positif di masyarakat dengan rotten tomatoes 64% dan audience skor 81% plus nilai 7.6/10 dari IMDB. Film ini mengungguli pendapatan fil box office lain dari Mary Poppins returns, bumblebee, dan spiderman : into spiderverse. Film ini semakin menarik dengan kehadiran dua aktris Amber Heard ( Mera) dan Nicole Kidman (Atlanna). James Wan mengemas film ini dengan sangat menarik, cukup berbeda dari kesan DC yang dark dan memiliki alur cerita rumit. Visualisasi yang ditampilkan pun sangat baik. Sepertinya film ini memberi arah baru bagi kelanjutan DCEU yang telah gagal dengan Justice League nya. Jika anda berharap akan banyak kejutan dalam film ini, saya rasa jawabannya tidak, karena jujur saja secara alur cerita bisa ditebak. Namun mungkin inilah yang harus dilakukan James Wan. Ia mengangkat Aquaman untuk pertama kalinya ke layar lebar, sepertinya wan sangat berhati-hati dalam menggarap film ini agar aquaman lebih familiar dan diterima oleh masyarakat. Sebab jika Wan gagal dalam mendirect film ini, bisa dibayangkan makin banyak lagi bully an terhadap aquaman dan semakin jatuh pula kelangsungan DCEU. Oleh karena itu, keputusan James Wan terhadap arah film ini patut dipuji.

Amber Heard (Mera)
Nicole Kidman (Atlanna)
Warning spoiler Alert !!!
Dikisahkan Atlanna ditemukan terdampar oleh Tom Curry seorang penjaga mercusuar pada saat badai. Secara singkat dikisahkan bahwa atlanna harus kabur dari atlantis untuk menghindari pernikahan yang tidak ia inginkan sampai akhirnya terdampar dan mencintai Tom Curry. Pernikahan mereka akhirnya membuahkan seorang anak yang bernama Arthur Curry. Seorang anak separuh manusia, separuh dewa. Pada suatu hari kediaman Curry diserang oleh pasukan kerajaan atlantis sehingga membuat atlanna memutuskan kembali ke atlantis demi menjaga keselamatan Tom dan Arthur. Sejak saat itu, Tom dan Arthur hidup berdua. Untuk menjaga perkembangan Arthur, atlanna mengirim Vulko untuk mengajari nya kehidupan menjadi seorang penghuni atlantis. Perkembangan masa kecil Arthur diceritakan sekilas sejak ia masih remaja saat ia mampu mengendalikan dan berbicara dengan hiu dan mahkluk laut lainnya pada waktu study tour dan Arthur remaja saat ia sedang belajar bela diri. Arthur dewasa tumbuh menjadi pengaman laut, dalam artian ia menjaga para nelayan dan warga yang mengalami masalah saat di laut. Arthur bertemu dengan seteru abadinya, Black Manta saat menolong kapal selam selam dari serangan black manta. Pada suatu malam Mera memohon agar Arthur bersedia mengikuti rencananya untuk menggagalkan usaha saudara tirinya Orm untuk menjadi raja Atlantis. Namun Arthur tak tertarik menjadi raja. Sampai pada suatu hari mobil yang dikemudikannya tersapu ombak besar kiriman Orm, Arthur menerima tawaran Mera untuk menggagalkan rencana Orm. Cara menggagalkan rencana orm tersebut adalah dengan mengalahkan Orm menggunakan Trisula Raja Atlantis yang hanya bisa didapatkan oleh seorang raja sejati. Disinilah petualangan Arthur menjadi raja sejati dan kisah Cinta antara Arthur dan Mera terjadi. Film ini merupakan kelanjutan dari Justice League. Hal tersebut dapat diketahui dari percakapan Mera dan Arthur yang mengatakan bahwa “Arthur dapat mengalahkan Steppenwolf” dan juga trisula yang digunakan Arthur saat Justice League adalah Trisula Atlanna yang akhirnya dihancurkan oleh Orm. Nampaknya kekuatan Aquaman dengan Trisula mautnya akan menjadi senjata baru dalam kisah DCEU.

Trisula Aquaman peninggalan Atlanna dalam film Justice League
Trisula Aquaman setelah menjadi Raja Atlantis
My parents were of two different worlds, and I was a product of the love that they shared. A son of land, and a son of the seas” Aquaman
“You think you're unworthy to lead because you're of two different worlds? But that is exactly why you ARE worthy!”Mera

Buat kalian yang belum menonton Aquaman, film ini layak masuk list tontonan kalian semua. Filmnya seru, lucu, menghibur dan juga sarat pesan moral. So, Happy Watching guys!
NB : kalau kalian nonton pastikan nonton sampai post credit scene ya hehehe


Salam,
Dony Ariestha

You Might Also Like

0 komentar