Kuliah Di Magister Management Trisakti (2)

Saturday, June 15, 2019

Hello Gaess, setelah sebelumnya saya bercerita tentang bagaimana proses seleksi masuk MM Trisakti. Sekarang saya akan bercerita tentang kegiatan selama masa perkuliahan. Untuk jadwal kuliah sudah diikutkan dengan sistem paket, sehingga mahasiswa ketika KRS hanya bisa memilih jadwal mana yang kira-kira lebih nyaman. Contoh dalam satu semester ada mata kuliah pemasaran dan keuangan, yang membedakan kelas A dan kelas B adalah yang kelas A pemasarannya pagi dan kelas B pemasarannya siang, begitu pula sebaliknya. Jadi tidak ada perbedaan kelas A lebih pintar atau lainnya. Untuk metode pembelajarannya mahasiswa dituntut aktif, dosen sebagai fasilitator. Biasanya tiap pertemuan setiap mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempresentasikan bab demi bab sesuai buku pengantar kuliah. Diskusi dilakukan antara  mahasiswa dengan dosen sebagai moderatornya.

Kegiatan diluar perkuliahan tentu saja ada seminar-seminar, kegiatan CSR seperti donor darah, dsb. Yang seru adalah kegiatan bootcamp, kegiatan ini semacam outbond / makrab yang juga diselingi dengan seminar. Untuk masa perkuliahan di Trisakti dapat ditempuh selama 4 semester termasuk tesis. Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tesis tepat waktu sehingga lulus dalam 4 semester. MM Trisakti terbagi dalam 4 konsentrasi mata kuliah yaitu : Pemasaran, Keuangan, SDM dan Operasional. Trisakti menurut saya cukup dapat memfasilitasi mahasiswanya, perpustakaan kampusnya terbilang lengkap. Kita dapat mencari buku pengantar kuliah ataupun referensi tugas akhir di perpustakaan.

“Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim”(HR Ibnu Majah)

Tugas akhir yang tersedia adalah tesis, ada beberapa kampus pasca sarjana yang tidak menggunakan tesis sebagai tugas akhir. Ada juga yang membuat laporan real studi kasus bisnis yang dijalankan. Tesis menurut saya tidak berbeda jauh dengan skripsi, bagi mahasiswa yang pernah mengerjakan skripsi sepertinya tidak akan terlalu kaget. Perbedaannya adalah tesis dibuat lebih mendetail, variabel penelitian yang lebih banyak (seingat saya rata-rata minimal 4 variabel), plus artikel-artikel pendukung penelitiannya juga lebih terstruktur. Untuk menyelesaikan tesis ada beberapa tahap selain bimbingan rutin, pengolahan data penelitian, ada tahapan yang disebut uji turnitin. Uji turnitin adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak kalimat dalam tesis kita yang menyerupai / mirip dengan tesis orang lain. Sederhananya untuk mengetahui apakah tesis yang kita buat plagiat atau tidak. Setelah melalui uji turnitin dan pengolahan data maka tesis selanjutnya difinalisasi. Pemeriksaan terakhir dibantu oleh assisten dosen untuk memastikan struktur penulisan seperti jarak spasi antar paragraf sudah tepat.

Prayer without study would be empty, Study without prayer would be blind.” Karl Barth.

Jika sudah selesai, tahap terakhir adalah Sidang. Sidang tesis dilakukan dihadapan Direktur Magister Management dan satu Dosen Penguji. Kita akan diminta membuat power point untuk mempresentasikan inti dari tesis yang dibuat. Oya, sebelum sidang biasanya ada  pra siding yang ditujukan untuk latihan sebelum siding. Dilakukan bersama dosen pembimbing untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki sebelum sidang. Selama pengujian, kita akan ditanyakan berbagai hal terkait tesis yang dibuat. Ada yang lulus tanpa revisi, tetapi sebagian besar lulus dengan revisi. Banyak sedikitnya revisi tergantung dari tingkat kesalahan yang dibuat.

Selesai sidang, tentu saja saat yang dinantikan adalah wisuda. Saat pendaftaran wisuda, mahasiswa harus menyelesaikan administrasi terkahir seperti penyerahan tesis yang sudah di materai, bukti pelunasan dan juga pengisian SKPI. SKPI adalah Surat Keterangan Pendamping Ijazah, isinya adalah hal-hal yang berkaitan dengan penunjang di luar kuliah seperti seminar, kepesertaan organisasi dan lainnya. Wisuda dilaksanakan biasanya pada hari sabtu di gedung Jakarta Convention Center, namun untuk pertama kalinya tahun wisuda periode Oktober 2018 dilakukan hari rabu.

Mengutip kata-kata GM HR saya terdahulu :
dulu saya merasa bahwa dengan pengalaman yang dimiliki saja saya sudah cukup untuk membawa maju organisasi, ternyata saya salah. Dengan melanjutkan pendidikan saya menjadi tahu bahwa ilmu itu berkembang, dunia berubah, dan kita harus bisa berkembang untuk menghadapinya

Well, buat teman-teman semua. Semoga sharing saya tentang kuliah pasca sarjana ini dapat menjadi manfaat bagi semua yang membancanya ya.

Thanks for reading.

Salam,
Dony Ariestha

You Might Also Like

0 komentar