Review Film : Parasite (Gisaechung)

Monday, November 18, 2019

have you watched Parasite ?


Parasite, sebuah film karya Bang Joon Ho dari Korea Selatan ini adalah sebuah film berkualitas yang bisa dikatakan underrated. Tidak terlalu terkenal, namun luar biasa. Tanpa efek CGI, dengan berkonsentrasi pada plot dan twist cerita yang kuat membuktikan bahwa film memang tidak semua film keren harus dibuat dengan budget mahal. Rating 8.6/10 (sedikit di bawah rating Joker 8.8/10), rotten tomatometer 99% dan Penghargaan berupa Palme d’Or dalam Festival Film Cannes 2019 adalah bukti dari kualitas film ini.
Respect!


Dikisahkan sebuah keluarga Kim Ki-Taek berada di standar ekonomi yang miskin. Rumah mereka bahkan berada di basement. Tak ada yang punya pekerjaan. Untuk bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari mereka kerja serabutan hingga mendapat pekerjaan freelance untuk melipat kotak pizza. Bahkan untuk bisa mendapatkan akses internet mereka harus “nyolong” sinyal wifi milik tetangga mereka. Dan ketika wifi tersebut di password, putuslah jalur komunikasi mereka sehingga harus berkeliling rumah untuk mencari sinyal.

“Keberuntungan” didapatkan oleh anak tertua mereka yaitu Kim Ki Woo yang ditawari pekerjaan sebagai guru les bahasa Inggris oleh saudaranya yang akan kuliah di luar negeri. Pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan impian karena Kim Ki Woo yang bahkan tidak kuliah sangat kesulitan mencari pekerjaan dan kondisi keluarga mereka memang sangat membutuhkan uang. Ki-Woo awalnya ragu karena pekerjaan tersebut dirumah sebuah keluarga yang kaya sementara ia juga tidak punya ijazah. Setelah dirayu, ia pun setuju untuk memalsukan ijazahnya!

Masalah ekonomi selesai karena akhirnya Ki-Woo berhasil mendapatkan pekerjaan. Namun siapa sangka bekerja di rumah keluarga Park yang sangat besar dan misterius ternyata menjadi awal dari segala masalah yang tidak terduga.

Warning, Spoiler Alert!


“You know what kind of plan never fails? No plan. No plan at all. You know why? Because life cannot be planned.”Ki-Taek

Parasite adalah hewan yang menumpangi hewan lainnya namun menimbulkan kerugian pada hewan yang ditumpanginya tersebut. Simbiosis Parasitisme. Ya dari judulnya memang menggambarkan sedikit bagaimana kisah ini akan berjalan.

Ki-Woo yang berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai guru les Bahasa Inggris memanfaatkan situasi saat Ny. Park Yeon-Kyo mengatakan anaknya butuh bantuan “khusus”. Entah darimana idenya, ia begitu cepat mengatur bahwa ia memiliki kenalan lulusan Amerika yang bisa bekerja sebagai Psikolog paruh waktu dirumahnya. Namanya Jessica, nama samara yang tidak lain adalah adik Ki Woo sendiri yaitu Ki-Jung. Uniknya dengan persiapan acting yang matang, Ki-Jung juga berhasil mengelabui kelurga Park untuk mempekerjakannya. Ki-Woo bahkan memacari anak keluarga Park yang ia bombing yaitu Da-Hye.

Lagi-lagi, entah mendapat ide darimana. Kelicikan yang tidak direncanakan berlanjut saat Jung mendapatkan tumpangan untuk pulang ke rumah, ia menjebak driver Pribadi keluarga park dengan cara melepaskan celana dalamnya dibawah kursi. Beberapa hari kemudian keluarga Park yang kecewa lalu memecat si Driver. Hasilnya? Ki-Jung menawarkan seseorang driver berpengalaman yang tidak lain adalah ayahnya sendiri.

Tiga dari empat anggota keluarga Kim sudah mendapat pekerjaan. Selanjutnya adalah menyingkirkan Assisten Rumah Tangga senior dengan cara mengatakan bahwa ia menderita TBC. Singkatnya dengan segala trik keluarga park percaya untuk memecatnya dan mengganti dengan Kim  Chung-sook. Lengkap sudah keluarga Kim bekerja di rumah keluarga Park tanpa mereka ketahui bahwa Kim dan lainnya adalah satu keluarga.

“They are rich but still nice.”Ki-Taek


Namanya juga parasite, tidak cukup dengan menipu keluarga tersebut padahal sudah berhasil mendapatkan uang dengan cara bekerja disana. Mereka mulai merencanakan hal lain dan memanfaatkan keadaan. Saat keluarga Park pergi Camping, Kim sekeluarga malah tinggal di rumah tersebut, makan-makanan keluarga Park dan juga mabuk-mabukan. Tiba-tiba terdengar sebuah bel, saat dilihat bel tersebut merupakan panggilan dari mantan Asisten Rumah Tangga Senior di rumah tersebut yang sudah dipecat. Ia mengatakan ada barang yang tertinggal di basement dan minta izin untuk dapat masuk mengambil barang tersebut.

Setelah melalui diskusi, ia diizinkan masuk. Chung-Sook yang menunggu lama di dapur merasa curiga kenapa wanita tersebut tidak juga kembali dari basement. Kagetnya saat ia mengetahui bahwa rumah tersebut memiliki sebuah ruangan rahasia!


Buat Kalian yang belum nonton film Parasite, wajib nonton karena film ini sarat dengan pesan moral. Meskipun ratingnya tinggi, jujur gue tidak terlalu suka dengan endingnya yang berdarah darah. Jadi buat kalian yang mengajak anak kecil untuk nonton sebaiknya jangan, karena film ini juga ada sedikit adegan dewasanya. Satu yang pasti, film ini sangat bagus dan layak masuk watch list kalian. 

Happy Watching!


Dad, today I made a plan - a fundamental plan. I'm going to earn money, a lot of it. University, a career, marriage, those are all fine, but first I'll earn money. When I have money, I'll buy the house. On the day we move in, Mom and I will be in the yard. Because the sunshine is so nice there. All you'll need to do is walk up the stairs. Take care until then. So long.” Kim Ki-woo

Salam,
Dony Ariestha

You Might Also Like

0 komentar