Review Film : Marriage Story (2019)

Friday, December 20, 2019

Have You Watched Marriage Story?

Marriage Story, film yang disebut sebagai film kategori drama percintaan terbaik di tahun 2019 ini memang ga salah kalau menjadi rekomendasi. Mendapat rating 8.3/10 dari IMDB dan skor 95% untuk tommatometer menjadi penilaian pas untuk Marriage story. Adam Driver dan Scarlet Johansson boleh dibilang keluar dari image zona nyaman mereka yang dikenal bermain di film superhero dan fiksi seperti Star Wars dan Avenger. Scarlett terutama, mampu lepas dari baying bayangnya sebagai seorang black widow, menjadi seorang ibu rumah tangga yang terlihat tegas namun juga sebenarnya rapuh. Adam Driver bisa dibilang sama baiknya dengan Scarlett dalam penjiwaan karakternya.

“I don't know how to start...” Charlie

Adam Driver berperan sebagai Charlie, bapak rumah tangga yang sukses sebagai pemilik rumah teater sekaligus sutradara yang memiliki artis Utama Nicole, yang diperankan oleh Scarlett Johansson. Nicole adalah aktris Utama dari rumah teater tersebut. Bahkan dalam film juga dijelaskan bagaimana kepintaran Charlie hingga ia mendapatkan pendanaan untuk teaternya.
Marriage Story lagi-lagi menunjukkan sebuah film sukses tak harus mengandalkan CGI. Sebuah script yang bagus ditambah kemampuan acting mumpuni ternyata mampu untuk membawa penonton hanyut mengikuti cerita. Film ini sangat bagus bagi teman-teman yang sudah menikah, karena pesan moralnya yang kuat banget. Buat yang belum nikah, rasanya juga bisa menikmati alur ceritanya.

Warning, Spoiler Alert!

Diceritakan rumah tangga Charlie dan Nicole yang harmonis harus berakhir dengan gugatan cerai oleh Nicole. Sebuah persoalan sepele karena merasa mulai tak dianggap sebagai orang penting dihidup Charlie menjadi awal penyebabnya. Komunikasi yang buruk ditambah sifat egois dari Nicole justru memperburuk keadaan saat Charlie berusaha memperbaiki hubungan dengan mencari konsultan untuk perceraian mereka. Saat itu keduanya diminta untuk membaca sebuah surat tentang hal-hal yang membuat mereka saling jatuh cinta. Namun sayangnya ke egoisan Nicole untuk tidak membaca surat tersebut menjadi awal kerumitan berikutnya. Sebuah tindakan yang akhirnya disesali oleh Nicole pada akhirnya.

“So it's a deal when it's something you want. And a discussion when Nicole wants it?”Nora Fansaw

Masalah semakin rumit saat keduanya justru menggandeng pengacara yang pada akhirnya justru menguatkan perceraian tersebut. Terutama Nora, pengacara dari Nicole. Dari film ini kita mungkin bisa melihat betapa ribetnya proses perceraian meskipun sebenarnya kedua belah pihak menginginkan hal yang simple : pisah baik-baik, tak perlu rebut dan pembagian harta 50-50. Keduanya saling mencintai meskipun dalam gugatan cerai, mereka hanya dipisahkan oleh gengsi masing-masing. Dan seperti yang kita tau, korban dari pernikahan utamanya adalah anak.

“Getting divorced with a kid is one of the hardest things to do. It's like a death without a body.” Bert

Salut buat acting Adam dan Scarlett, terutama saat mereka harus melakukan beberapa monolog dan juga momen pertengkaran mereka yang terasa begitu hidup. Marriage Story jelas sebuah film yang bagus dan sudah mendapatkan beberapa penghargaan seperti Gotham Independent Film Award for Best Feature Film untuk sutradara terbaik, Gotham Independent Film Award for Best Actor untuk Adam Driver sebagai aktor terbaik, dan lainnya. Jadi buat yang masih bingung mau nonton apa sama pasangan kalian, Marriage Story wajib masuk watchlist kalian.

“Criminal lawyers see bad people at their best, divorce lawyers see good people at their worst” Ted


Salam,

Dony Ariestha

You Might Also Like

0 komentar